Cara setting atau konfigurasi CC-link PLC Mitsubishi CPU Q series

Cara setting atau konfigurasi CC-link PLC Mitsubishi CPU Q series

Salam sejahtera untuk kita semua,

Sedikit curhat, saya pernah mendapatkan project di PT Astra Daihatsu Motor Plant Karawang (Surya Cipta). Pekerjaannya adalah ada penambahan modul CC-link sperti pada gambar di bawah ini,





Sebelumnya saya belum pernah konfigurasi modul tersebbut, alhasil sampai batas waktu yang telah ditentukan saya belum bisa. Esoknya, saya coba baca-baca menu Bantuan di Gx-Works. Ternyata tidak butuh waktu lama untuk saya memahaminya.

Nah, kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian yang belum tahu atau kepada kalian yang sudah jago ya hehehe :D Cekidot!


  1. Dalam hal ini, saya anggap kalian sudah bisa koneksi CC-link modul ke CC-link master ya? kabel DA, DB, DG dan SLD harus sudah terkoneksi.
  2. Sekarang kita masuk ke aplikasi GX Works. Lihat gambar!
3. Ubah 'Number of modules' menjadi 1, lalu klik 'Station Information'

4. Ubah 'Reserved/ Invalid  Station Select' menjadi No Setting di Station 1 atau Station berapa yang kamu pasang. Jika kamu baru menambah 1 cc-link, ubahlah di Station 1/1

5. Klik Check

6. Jika tidak ada error, Klik End

7. Klik End lagi.

8. Selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Instruksi Timer di PLC Mitsubishi (Penjelasan Lengkap)

PLC OMRON - cara membuat ladder program 'Satu tombol untuk Dua fungsi' On dan Off