Tips dan Trik Sebelum membuat Program PLC

Tips dan trik sebelum membuat program Plc - Hai teman-teman semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Sebagai seorang programmer Plc, kita dituntut untuk bisa membuat program yang bisa dan mudah untuk dipahami. Pertama untuk kita sendiri tentunya, yang kedua adalah mudah dipahami oleh programmer lain. Mengapa demikian? karena, jika suatu hari kita akan melakukan perubahan atau edit pada program yang pernah dibuat, kita tidak butuh waktu lama untuk memahami struktur program yang akan kita edit tersebut. Intinya, memudahkan kita dan orang lain.


Pernahkan kalian melakukan perubahan atau edit program Plc milik orang lain? Apakah kalian mengalami kesulitan dalam memahami struktur dan urutan program yang orang lain buat? atau kalian tidak butuh waktu lama untuk memahami program tersebut? Yah, ini tergantung dari apa yang kita persiapkan sebelum membuat program Plc. 

Jika saya, hal-hal yang saya lakukan sebelum membuat program Plc adalah sebagai berikut :




1. Buatlah Mapping Address. 

Plc apa yang kamu gunakan? Buatlah mapping addres di buku atau kertas. Lebih baik lagi jika kamu membuat mapping address di microsoft excel. Contohnya lihat gambar dibawah ini.

2. Isilah Global Device Comment atau label IO di software pemograman PLC. Fungsinya adalah untuk memudahkan programmer untuk memahami fungsi dari tiap address atau alamat. Contohnya dibawah ini. Saya menggunakan Software GX-work



3. Buatlah program Plc. Usahakan address yang kalian gunakan memiliki angka unik agar mudah dipahami. Sebagai contoh, lihat gambar!



Perhatikan address M1 dan M101
Address Manual LH (kiri) dan Manual RH (kanan) memiliki akhiran angka yang unik. Jadi, mudah dipahamai mana address untuk program LH dan mana address untuk program RH. Jadi, seandainya tidak ada comment pada tiap address, kalian atau orang lain masih bisa memahami program tersebut.



Sekian tips dan trik dari saya. Jika ada yang masih kalian tidak mengerti, silahkan tinggalkan komentar.




Kunjungi juga blog free download software dan free download game gratis di galih977.blogspot.co.id


Comments

Popular posts from this blog

PLC OMRON - cara membuat ladder program 'Satu tombol untuk Dua fungsi' On dan Off

Belajar Program PLC Mitusbihsi menggunakan Gx Works untuk pemula dengan mudah